Kenali Tanda-Tanda Gangguan Kecemasan Sosial Berikut Ini

Kenali Tanda-Tanda Gangguan Kecemasan Sosial Berikut Ini

Pernahkah terfikir oleh anda bahwa kemungkinan sifat pemalu yang anda miliki adalah bagian dari gangguan kecemasan sosial yang anda miliki? Jika iya, maka anda perlu mengenal apa itu gangguan kecemasan sosial secara dekat. Gangguan kecemasan sosial adalah kondisi yang sering disalah artikan. Biasanya orang menganggap hal ini sebagai hal yang biasa terjadi sebagai sesuatu yang disebut dengan “malu”, namun tahukah anda bahwa gangguan kecemasan merupakan kondisi dimana seseorang merasakan ketakutan dan kecemasan luar biasa ketika mereka bertemu dengan orang lain atau berada dalam situasi tertentu. Biasanya orang yang memiliki masalah dengan gangguan kecemasan ini, akan memberikan tanda-tanda fisik seperti gemetar yang berlebihan, berkeringat secara berlebihan, dan bahkan merasa takut untuk melangkah pada kondisi tertentu.

Selain dari beberapa tanda yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa tanda dari gangguan kecemasan sosial yang perlu untuk anda ketahui. Diantaranya adalah :

  • Timbulnya rasa takut

Pada tanda yang satu ini, anda bisa mencobanya dengan membayangkan diri anda berada dalam sebuah acara. Kemudian anda diundang untuk maju ke atas panggung dan diberikan sebuah pertanyaan, sehingga semua mata tertuju kepada anda. Pada kondisi ini, coba anda rasakan. Apakah ketika anda diperhatikan oleh orang lain, anda merasa takut untuk melihat para tamu yang ada di hadapan anda? Apakah anda merasa diteror sehingga anda lebih merasa panik ketika harus menjawab sebuah pertanyaan? Jika iya, maka anda perlu mulai untuk melihat ke dalam tanda yang kedua.

  • Ingin melarikan diri

Tanda selanjutnya sangat berhubungan dengan tanda pertama. Biasanya seseorang yang menderita gangguan kecemasan sosial, akan merasa takut akan penilaian orang lain terhadapnya. Sehingga daripada harus menunjukkan dirinya, mereka lebih memilih untuk melarikan diri. Karena mereka cenderung merasa takut akan penolakan yang mungkin akan mereka terima.

images (14)
  • Tidak ingin bertemu orang lain

Pada tahap yang satu ini, harusnya anda mulai mengkhawatirkan kondisi kesehatan mental anda. Karena ketika seseorang tidak memiliki keinginan untuk bertemu dengan orang lain. Bisa jadi anda adalah seseorang yang anti sosial. Sehingga anda lebih nyaman untuk melakukan apapun secara individual. Anda tidak ingin bertemu dengan orang lain, berinteraksi dengan orang lain, bahkan cenderung menghindari kerumunan orang baik yang dikenal ataupun tidak. Gangguan kecemasan sosial yang satu ini adalah yang paling parah. Jika anda berada pada fase ini, ada baiknya untuk anda segera menemui psikiater terdekat. Karena bisa jadi sebenarnya anda memiliki masa lalu yang traumatik, sehingga membuat anda selalu terganggu.

  • Sering diam saat diajak berbicara

Seseorang yang mengidap gangguan kecemasan sosial adalah mereka yang cenderung diam seribu bahasa ketika berada pada kelompok diskusi. Mereka sebenarnya memiliki pendapat di dalam pikirannya, namun mereka terlalu takut menyuarakannya. Karena mereka akan berdikir bahwa pendapat yang mereka sampaikan salah, tidak berguna, bahkan tidak akan di dengar. Padahal jika mereka mencoba untuk menyuarakan pendapat yang mereka miliki, hal ini bisa mendobrak pintu kecemasan yang selama ini ada.

Bagi anda yang mulai merasakan hal-hal yang sudah disebutkan di atas. Segeralah mencari pengobatan akan gangguan kecemasan sosial yang anda derita. Jangan biarkan semakin berlarut, karena hal tersebut tidak baik untuk kesehatan mental anda. Perlu diketahui bahwa sebagai makhluk sosial, hal yang harus kita lakukan adalah berinteraksi. Tidak hanya untuk membangun relasi, akan tetapi dengan memperbanyak interaksi, akan membuat kita melupakan hal-hal yang membuat kita tertekan. Sehingga kita bisa mengungkapkan apa yang sebenarnya kita rasakan dengan orang lain.

Sumber :

www.honestdocs.id

Author Image
aufgeregtmcy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *